Senin, 15 November 2010

Terjemahan BAB VI (New Media)

Musik digital: produksi, distribusi dan konsumsi

Jamie Sexton

Budaya musik mengalami perubahan cepat pada sejumlah tingkatan: produksi suara, distribusi dan konsumsi, dan industri musik yang lebih luas, semua berubah oleh teknologi digital, sesuai dengan pola sosial dan budaya. Pergeseran dalam budaya musik terjadi dalam skala global, meskipun tingkat dan sifat perubahan tunduk pada variasi geografis (lihat Bab 8). Tujuan bab ini adalah untuk memfokuskan pada dampak teknologi digital yang menempa pendataran musik, serta untuk menyelidiki beberapa masalah teoritis bahwa perubahan tersebut telah dilahirkan.

Produksi musik

Produksi kini, teknologi digital mengintensifkan banyak pergeseran yang telah terjadi, khususnya memindahkan dari meniru secara langsung terhadap menciptakan sebuah 'suara dunia' buatan. Ketika teknologi perekaman memasuki music dunia pada akhir abad kesembilan belas, produksi rekaman cenderung mengikuti filsafat dokumentasi, yaitu sebuah artefak tercatat yang mencoba untuk mereproduksi performa langsung secara erat (Toynbee 2000: 73). Sebuah pergeseran bertahap diikuti; contohnya, pengenalan instrumen perekaman listrik seperti mikrofon dan amplifier yang kemudian menyebabkan skandal teknik dari 'melantunkan'. Pelantunan ini merupakan peningkatan suara melalui sarana buatan, yang berati sebuah 'penghinaan terhadap rezim dokumenter '(ibid.: 77) yang selama ini telah terpelihara dan, bertentangan dengan awal penerimaan, tertanam dalam rezim 'kebenaran' yang terhubung ke pengakuan intim (Penman 2002).

Saat itu di tahun 1950-an dan 1960-an bahwa perpindahan dari dokumentasi secara dramatis mengambil bagian. Munculnya gitar listrik, pita magnetik, modular synthesizer dan perekam multritrack, menyebabkan penciptaan 'virtual suara' dunia seperti menentang dokumen pertunjukan langsung. Dalam kantong avant-garde dari departemen musik akademik manipulasi suara dieksplorasi bahkan lebih lanjut melalui munculnya beton musique, lingkungan rekaman suara di mana suara dimanipulasi dan diedit bersama-sama untuk membentuk montages sonik. Teknik avant-garde semakin diselundupkan ke produksi pop, mengarah lebih ke kompleks teknik rekaman dan kebangkitan produsen sebagai tokoh yang kreatif (sebagai lawan insiyur) : George Martin, Joe Meek, Phil Spector dan Brian Wilson. Semua yang mendapatkan reputasi sebagai alkemis sonik, mampu menggunakan studio rekaman dengan cara yang kreatif dan konstruktif. Ide yang merupakan lagu 'utama' adalah pergeseran: sementara beberapa rekaman masih mencoba untuk mencerminkan pertunjukkan langsung, banyak musisi yang sekarang mencoba untuk meniru dokumentasi suara pada saat mereka tampil secara langsung. Ide studio sebagai hubungan konstruktif kreatif menyebabkan penggabungan membentuk pusat komponen dari kebudayaan musik. Sementara beton music dapat secara luas dipahami sebagai bentuk penggabungan kembali, itu tetap diatur untuk ‘menemukan suara'. Budaya utama penggabungan kembali berkaitan dengan rekreasi dari sebelum kehadiran musik, meskipun ditemukan suara lain yang sering digunakan untuk warna dan keperluan lainnya. Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an tepatnya di Jamaika, bahwa budaya penggabungan ini benar-benar mulai berkembang sesuai dengan tujuan budaya ruang dansa. Produsen dan insinyur akan menghapus vokal dan secara bertahap mulai menambahkan efek seperti reverb, delay dan suara-suara lain, keluar dari subgenre yang 'menjuluki reggae' berevolusi. Kenaikan musik disko di Amerika Serikat pada 1970-an juga sangat banyak memberikan kontribusi penggabungan kembali kebudayaan sebagai suntingan diperpanjang dari trek hi-NRG, disesuaikan dengan lantai dansa, menyebabkan munculnya emergence tunggal 12 inci. Penggabungan tersebut diambil ke tingkat baru dengan munculnya hip-hop di akhir 1970-an dan awal 1980-an, yang berdasarkan repurposing sampel musik lainnya, terutama melalui embedding 'istirahat' atau melalui suara yang ditemukan menyerang melalui teknik 'menggaruk'.

Teknologi digital, yang mulai untuk menyaring cara mereka ke dalam produksi massal sepanjang tahun 1980, dipercepat trend yang ada dan mungkin bergeser dari marjinal dengan praktek dominan. Meningkatnya di sejumlah synthesizer digital dan sequencers, serta kemudahan interkoneksi komponen yang berbeda melalui instrumen musik digital interface (MIDI), menyebabkan pertumbuhan musik elektronik dalam akhir tahun 1980 dan seterusnya, termasuk house, techno, jungle, ambien dan sejumlah bentuk generik lain. (Meskipun itu harus ditunjukkan, banyak musik techno awal diproduksi dengan peralatan analog). Meskipun lebih tradisional instrumen hidup bermain terus, pertumbuhan individu, pembuat musik elektronik menyebabkan perbedaan kabur antara musisi dan produser, dan antara 'instrumen' dan 'studio'. Hal ini juga menyebabkan kenaikan besar dalam penggunaan sampel musik, sehingga menimbulkan wrangles hukum dan perdebatan atas hak cipta, sebagai serta argumen atas kreativitas musik. Kunci di sini adalah kenaikan contoh harga cukup pada akhir tahun 1980an, yang dapat mengintegrasikan sampel lancar dalam keseluruhan lagu, mereka juga menyediakan suara ramah pengguna manipulasi alat (seperti peregangan waktu dan pitch-berpindah), sampel looping fungsi dan fasilitas editing (Berk 2000: 195).

Teknologi digital membuat lebih mudah untuk mencocokkan dan campuran suara yang ada ke dalam komposisi baru. Dengan demikian, arsip menjadi semakin penting. Banyak seniman musik sekarang menghabiskan banyak waktu mereka mencari musik untuk menemukan sampel yang bisa digunakan (semakin mengaburkan, sampel lebih baik, dalam bahwa ada keinginan di antara banyak produsen untuk menghindari 'jelas'). Kontras keterampilan tradisional terlibat dalam memainkan alat musik, kreativitas musik elektronik banyak produsen seringkali terletak pada kemampuan mereka untuk menemukan, membayangkan dan kemudian mahir mengatur ulang ada artefak budaya. Hal ini berkaitan dengan Manovich's pengamatan Lev bahwa New Media umumnya lebih peduli 'dengan mengakses dan menggunakan kembali objek media yang ada membuat yang baru '(Manovich 2002: 36). Dengan demikian, pengertian variabilitas menjadi kepala estetika tren dalam dunia digital: 'Daripada salinan identik, Baru Media objek biasanya memunculkan banyak versi yang berbeda. Dan bukannya dibuat sepenuhnya oleh seorang penulis manusia, versi ini sering di bagian otomatis dirakit oleh komputer '(ibid.: 36) (lihat Bab 1).

Terkait dengan media digital dan variabilitas adalah konsep otomatisasi dan manipulasi. digital hardware dan software baru tugas melelahkan izin sebelumnya untuk menjadi lebih mudah sejalan dengan meningkatnya otomatisasi. Jadi, misalnya, berbeda dengan mengedit fisik pita magnetik, banyak program digital memungkinkan seseorang untuk memperbesar satu representasi visual dari gelombang suara sorot, dan kemudian mengedit bagian tertentu, sebagai serta 'undo' hasil yang dianggap tidak mencukupi. Hal ini lebih mudah untuk membuat back-up salinan karya digital untuk membuat banyak pengeditan. Selanjutnya, menyalin kode numerik tidak mengakibatkan penurunan kualitas yang menjadi ciri khas media kimia. Manipulasi suara sudah ada sebelum menjadi lebih mudah dan dengan demikian semakin membentuk dari bahan baku yang musik baru dibangun. Para manipulability meningkat musik mengarah ke pesangon meningkat dari dunia nyata 'referen', atau lebih tepatnya, dari suara yang dapat dihasilkan oleh manusia memainkan alat 'secara real' waktu. Dalam bentuk pra-digital suara remixing adalah 'Merobek' dari satu konteks dan ditempatkan ke lain, tapi terdengar sendiri masih menanggung sejak keberadaan manusia (mengalahkan sampel yaitu dalam catatan hip-hop diciptakan oleh manusia drumer bermain secara real time). Bandingkan dengan ketukan bahwa fitur dalam banyak bentuk baru dari musik, seperti hutan: dari drumbeats seringkali terlalu cepat dan berliku-liku untuk kemampuan manusia. Urutan diprogram dari suara dan kemampuan untuk proses mereka dengan berbagai cara membawa musik ke dalam sebuah dunia yang lebih cyborgian. 'Dengan sampling, 'berpendapat Simon Reynolds,' apa yang Anda dengar tidak mungkin telah menjadi real-time event, karena ini terdiri dari fragmen musik vivisected dipetik dari konteks yang berbeda dan era, kemudian lapis dan resequenced untuk membentuk waktu-warping pseudoevent '(Reynolds 2002: 360). Namun, sementara produksi digital sering memanipulasi suara yang ada di luar pengakuan, masih menggunakan sampel diidentifikasi lebih cukup luas. Dalam prakteknya, sementara penggunaan kembali musik dikenali adalah bermasalah dalam hal izin hak cipta kliring, banyak juga yang melakukannya (baik dengan menutup lagu atau melalui menggunakan sampel) karena mata uang budaya yang berisi musik yang ada, menghubungkan seperti halnya ke memori dan emosi. The soundscape musik di era digital dengan demikian merupakan campuran dari 'nyata' dan 'ilusi', yang dikenali dan aneh, yang lama dan baru.

Mungkin salah satu perkembangan paling penting dalam musik digital peran teknologi seperti bermain di membuka partisipasi dalam produksi musik. Saya tidak ingin melebih-lebihkan akses tersebut: tidak semua orang memiliki potensi untuk terlibat dalam produksi tersebut. Namun demikian, kesempatan bagi masyarakat untuk menciptakan musik telah diragukan lagi meningkat, khususnya, kemungkinan orang menciptakan musik sendiri tentu saja telah tumbuh. Dengan demikian, telah terjadi demokratisasi relatif dan individualistis produksi musik dengan kenaikan, khususnya, yang murah, kuat komputer dan kenaikan seiring dalam perangkat lunak produksi musik (termasuk freeware dan harga berbeda program).

Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an terlihat peningkatan permeasi komputer ke lingkup domestik. Secara bersamaan, lebih banyak musik mulai diproduksi pada komputer: hardware mulai dilengkapi dengan perangkat lunak, dan berbagai musik yang berbeda semakin dihasilkan pada desktop dan laptop. program perangkat lunak yang berbeda memungkinkan satu untuk merekam, urutan, campuran dan menghasilkan suara (baik suara diinput dari instrumen eksternal dan diproduksi sepenuhnya di dalam komputer). Ini dapat berkisar dari mahal, perangkat lunak professionalized lebih terjangkau, teknologi produksi rendah alat. alat tersebut meningkatkan akses untuk memproduksi kualitas rekaman yang layak, sebelumnya, jika orang ingin merekam mereka harus menyewakan ruang studio. Sekarang, jika mereka memiliki komputer yang layak dan beberapa perangkat lunak, mereka dapat menciptakan di rumah pada mereka sendiri kenyamanan, maka bangkitnya apa yang telah disebut 'kamar tidur' produser. Seperti perangkat lunak komputer memungkinkan urutan yang berbeda dan instrumen (nyata atau virtual) yang akan berlapis pada satu sama lain dan halus diedit, dapat meningkatkan kemudahan dengan yang soliter individu dapat menghasilkan track audio yang kompleks dan sepenuhnya conflates peran pencipta dan produser. Dalam beberapa indera, hal ini bisa dilihat sebagai mengarah ke isolasi dari musisi (seperti yang saya akan terus membahas, hal ini belum tentu demikian). Mungkin lebih penting lagi, ini menunjuk ke sebuah fragmentasi produksi musik, dalam arti bahwa yang 'bagian' yang tercatat yang digunakan untuk digabungkan dari orang-orang bermain instrument bersama-sama secara real time sekarang lebih cenderung dibuat secara terpisah, kemudian dibangun di sebuah lebih terfragmentasi fashion. Ditambahkan ke ini, munculnya jaringan berarti bahwa individu dapat bekerja sama dalam cara yang lebih sedikit demi sedikit: satu orang dapat membuat 'bagian' kemudian kirimkan ke orang lain untuk bekerja pada (lihat Bab 7). Lebih banyak orang kini dapat membuat trek yang sesuai untuk seorang 'profesional' standar, namun ada juga kesempatan bagi orang-orang dengan keahlian musik sedikit atau pengetahuan untuk menjadi lebih terlibat dalam tindakan-tindakan kreatif, namun ini mungkin minimal. Dengan demikian, pada 'profesional' akhir lebih dari skala produksi musik, orang akan membutuhkan untuk melatih untuk belajar cukup peralatan yang kompleks dan berinvestasi dalam agak mahal perangkat lunak (yang tetap bisa bajakan). Untuk peserta mengalami kurang, jumlah alat murah atau gratis membolehkan satu untuk memanipulasi musik pada sebuah 'dasar' tingkat yang lebih. Sebagai contoh, perangkat lunak editing bebas memungkinkan orang untuk meng-upload lagu dan bermain-main dengan dasar prosedur manipulasi suara, seperti bit editing keluar dari jalur, menerapkan efek (misalnya echo, delay, perubahan tempo) dan menerapkan fade-in dan out. maju Software lagi memungkinkan seseorang untuk menciptakan musik dari awal (seperti virtual synthesizer) atau untuk membuat amalgam diedit, dikenal sebagai 'mashup'. Ini perkembangan menunjukkan bagaimana konsumen musik di era digital semakin dapat terlibat dalam beberapa bentuk produksi, sehingga mencontohkan apa Jenkins telah disebut 'Partisipatif budaya' (Jenkins 2006b).

Sementara tingkat budaya partisipatif kesenjangan antara produksi dan konsumsi, kita masih membuat perbedaan antara daerah-daerah tersebut, bahkan jika mereka bisa diulang-ulang beberapa kali (lihat Bab 7). Oleh karena itu, untuk masalah konsumsi – serta sangat penting daerah distribusi - Aku kini giliran. bahwa distribusi dan konsumsi Pengenalan CD (compact disc) di pasar massal pada tahun 1982 menandakan kedatangan konsumsi musik digital. Bahwa segera digantikan kaset CD sebagai konsumsi format paling populer menunjukkan pentingnya, meskipun mungkin tidak sangat signifikan dalam hal affording cara-cara baru di mana konsumen dapat pengalaman musik. Keuntungan utama CD adalah bahwa ia diberikan jauh lebih baik kualitas audio dari kaset, tapi juga jauh lebih portabel dan tahan lama daripada vinyl (itu juga membantu bahwa jumlah besar uang dan energi dipompa ke mempromosikan hal itu, meskipun ini, tentu saja, tidak pernah menjamin keberhasilan format). CD berjanji daya tahan, seperti Philips dipromosikan format dengan 'sempurna suara moto selamanya '; konsumen segera menemukan bahwa mereka rentan terhadap digital' 'kegelisahan, sementara beberapa telah memperkirakan bahwa kehidupan rak dari CD musik eceran rata-rata tidak lebih dari tujuh sampai sepuluh tahun (Friedberg 2002: 33). Salah satu aspek yang paling signifikan dari CD itu bahwa hal itu memungkinkan pendengar untuk mengakses trek musik secara acak, yang bagi sebagian adalah besar keuntungan dalam hal mengalami musik di 'lebih' user-friendly cara. Namun demikian, ada beberapa hal tentang CD yang tidak cocok dengan kaset: khususnya, itu akan menjadi waktu yang lama sebelum orang dapat merekam ke CD, sehingga kaset tetap menjadi populer format untuk membuat kompilasi musik. Selain itu, karena CD adalah fisik lebih lebar dari kaset, yang 'CD Walkman' tidak menggantikan kaset Walkman dalam hal popularitas karena itu adalah perangkat yang lebih praktis untuk dibawa. Ini tidak sampai pertumbuhan mp3 sebagai format konsumen populer yang digital perangkat portable mulai menggantikan analog Walkman (lihat di bawah). format digital selanjutnya tidak lepas landas dalam cara yang elektronik dan perusahaan musik akan berharap: HST dan mini-disc (MD), misalnya, dibuat hanya terbatas terobosan ke industri konsumen. Lebih buruk lagi adalah untuk mengikuti untuk perusahaan dengan munculnya Internet dan kemampuan untuk mendistribusikan dan mengkonsumsi musik dalam cara-cara baru. Seperti kini terkenal, industri musik diambil tanpa disadari oleh pertumbuhan dalam mendistribusikan mp3 musik file meskipun format akar terletak pada strategi perusahaan untuk membakukan data digital (Sterne 2006: 829).

Berbagi file musik dimulai sekitar pertengahan 1990-an: pada saat ini, itu sulit untuk men-download musik karena koneksi kecepatan yang sangat lambat (itulah sebabnya file dikompresi) dan itu tidak mudah untuk menemukan musik tertentu. munculnya Napster pada bulan Juni 1999 berubah hal-hal yang dramatis. Sadar pertumbuhan di file sharing, Shawn Fanning membuat server pusat bahwa pengguna terkait bersama-sama dan pencarian folder masing-masing untuk mencari trek tertentu. Tiba-tiba, file sharing itu besar berita dan industri rekaman harus memperhatikan. Mereka memiliki masalah yang sama dengan ketersediaan murah, kaset direkam pada awal tahun 1980, yang telah menyebabkan legislator pemberian label musik sebagian dari setiap penjualan kaset audio kosong (Alderman 2002: 3). Namun, menyalin ilegal kaset terbatas apabila mereka sering hanya bertukar antara jaringan kecil teman-teman. Sebaliknya, adalah mungkin untuk menyalin tanpa henti mp3s dan mendistribusikannya ke jaringan virtual dari jutaan. Pada tahun 1999, ketika Napster muncul, kecepatan koneksi secara bertahap mulai bangkit dan adopsi komputer meningkat,. mengejutkan industri musik dijepit down: pada bulan Desember 1999, Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) mengajukan gugatan terhadap Napster, yang mengarah ke penutupan pada bulan Februari 2001 (itu kembali muncul sebagai layanan hukum pada tahun 2003 setelah dibeli oleh Roxio). sebuah perdebatan besar tentang isu-isu hak cipta di era digital dan pelaksanaan dari industri rekaman diikuti bahwa saya tidak memiliki ruang untuk menggali ke sini (untuk gambaran umum perdebatan, lihat Frith dan Marshall 2004). Apa yang mengikuti adalah sebuah pergumulan antara industri resmi dan kegiatan yang dianggap ilegal oleh industri. Dalam terang's kematian Napster, sejumlah program peer-to-peer yang lebih baru muncul yang sering digunakan-perangkat lunak open source dan karenanya tidak dapat diidentifikasi dengan orang tertentu dalam kaitannya dengan tindakan hukum. Industri rekaman, menyadari kesulitan menutup program-program seperti itu mengadopsi strategi baru sasaran individu yang berbagi koleksi besar musik mereka melalui virtual jaringan, taktik kontroversial, khususnya mengenai denda yang sangat berat dan kalimat bahwa beberapa telah menerima. Meskipun langkah-langkah hukuman, file sharing ilegal masih terjadi dalam skala besar. Ini berdampingan saat ini, dengan distribusi hukum hak cipta file elektronik. industri rekaman menyadari bahwa yang dibutuhkan untuk menawarkan alternatif hukum untuk men-download musik jika itu akan tetap menjadi kekuatan yang dominan. Untuk generasi baru music pendengar, yang sering mendengarkan melalui perangkat portable dan komputer, file digital sangat fleksibel karena dapat ditransfer antara perangkat dengan mudah dan tidak mengkonsumsi ruang penyimpanan fisik. Pada Januari 2007, file digital account untuk diperkirakan 10 persen dari pasar musik internasional - mengumpulkan melalui kedua penjualan ponsel dan online - dan ini pasti akan tumbuh di masa depan (IFPI 2007). Sebagai digital download sekarang semakin berdampak pada tangga musik di seluruh dunia, single individual, bukan untuk bermain 'album' panjang-, reassumes penting sebagai download yang dijual secara track individu. Apa yang berbeda dari ketika 7 "vinyl tunggal di masa kejayaannya adalah bahwa single yang kemudian sering digunakan untuk menjual album, sekarang, dengan setiap lagu di album single potensial, tabel memiliki dibilang terbalik. Untuk albumnya 2006 Informasi, artis Beck diproduksi music video untuk melacak setiap: dalam pengertian ini, album ini dapat dianggap sebagai platform untuk menciptakan pendapatan masa depan dari semua elemen tunggal nya.

Namun demikian, masih ada ketidakpuasan dengan men-download hukum dibayar, sering didistribusikan melalui format seperti Advanced Audio Coding (AAC) atau Windows Media Audio (WMA) bukan mp3, untuk menanamkan Digital Rights Management (DRM) pembatasan ke file. Konsumen telah menyatakan ketidakpuasan dengan DRM, yang membatasi jumlah kali pengguna dapat menyalin file dan, sering, jenis hardware file yang dapat ditransfer ke, ada juga ketidakpuasan dengan harga file virtual (Anon 2005). Ketika orang men-download gratis, illegal trek, mereka tidak terlalu khawatir tentang hilangnya kualitas suara terkandung oleh kompresi digital, tapi ini tidak terjadi ketika datang untuk benar-benar membayar mereka. Selain itu, konsumen juga mengeluh bahwa ketika mereka membeli CD, mereka bebas untuk merobek isi dan mentransfer file dengan cara apapun yang mereka kehendaki, yang artinya bahwa file digital online kurang fleksibel dibandingkan fisik mereka rekan-rekan. Kurangnya fleksibilitas yang melekat dalam DRM telah menyebabkan banyak dalam industri untuk menentang, dan ada tanda-tanda sekarang banyak perusahaan rekaman bersedia untuk membuangnya. EMI mengumumkan pada bulan April 2007 itu akan menawarkan peningkatan file digital tanpa perlindungan DRM bersama DRM normal-nya melalui file yang dilindungi iTunes, meskipun pada biaya 20p lebih per file (EMI 2007). Saat ini, penjualan trek di kedua dilindungi DRM dan tanpa perlindungan versi-di harga yang berbeda tampaknya akan menjadi diadopsi secara luas.

Ada alur lain untuk distribusi Internet dan men-download di luar kegiatan perusahaan rekaman besar dan aktivitas ilegal yang jadi masalah mereka. bersih ini menawarkan cara-cara baru untuk tindakan musik untuk mendistribusikan musik mereka dan untuk mendirikan diri dalam sebuah komunitas virtual. Kedua band unsigned ingin untuk mendapatkan paparan, serta musisi hanya ingin berbagi musik mereka di antara jaringan, bisa menyebarkan musik mereka secara online. Perkembangan kunci di sini adalah buzz diciptakan sekitar Arctic Monkeys di Inggris melalui lagu-lagu mereka yang beredar di internet oleh penggemar (yang telah merobek demo lagu dari CD yang diberikan jauh di gigs dan telah menciptakan situs berbasis di sekitar band di MySpace). Walaupun band ini mengaku telah memainkan peran tidak dalam proses ini, hal itu mengarah pada pengakuan dan hype dalam musik tekan dan di radio, dan mereka akhirnya menandatangani kontrak dengan label rekaman Domino. Mereka debut single dan album langsung menuju nomor satu di tangga lagu rekaman, album - Orang Apapun Katakanlah I Am, That's What I'm Not (2006) - menjadi penjualan tercepat debut album dalam sejarah chart Inggris. Namun demikian, meskipun antipati dinyatakan oleh band terhadap industri konvensional, dikatakan bahwa mereka akhirnya masuk ke label rekaman. Sementara Domino adalah sebuah label independen, tetapi telah menerbitkan penerbitan hak di Amerika Serikat dan Selandia Baru untuk EMI. Ini menunjukkan pentingnya mekanisme industri tradisional jika seseorang ingin mencari nafkah melalui pembuatan musik, meskipun proses promosi dan distribusi baru baik menantang dan melengkapi bentuk yang lebih tua. Tentu saja, musisi bisa bypass industri musik dan telah mampu melakukannya sekarang untuk waktu yang lama, terutama sejak bangkitnya DIY 'budaya' pada akhir tahun 1970 (lihat Bab 1). Bentuk-bentuk baru distribusi dan koneksi meningkatkan kemungkinan tersebut, meskipun daya tarik penandatanganan untuk didirikan perusahaan rekaman dalam rangka memperluas's profile satu dan membuat lebih banyak uang akan tetap menggoda bagi banyak orang. Didirikan musisi juga dapat menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan mereka Kehadiran: situs resmi, misalnya, memungkinkan bertindak untuk posting berita tentang apa yang telah mereka telah sampai, discographies, informasi umum, forum diskusi, serta akses ke konten eksklusif (seperti dan audio-visual materi audio). Seringkali ada juga akan kesempatan untuk membeli musik dan barang-barang terkait lainnya. Ada juga banyak lainnya situs yang sering muncul dalam kaitannya dengan tindakan musik, atau jenis musik lebih umumnya, yang berarti bahwa sekarang jauh lebih mudah untuk mendapatkan akses terhadap informasi dan materi yang terkait dengan seniman dari sebelumnya. Selain itu, sejumlah musik e-zine (Majalah elektronik didistribusikan melalui email atau diposting di situs Web) yang tersedia pada web serta blog kritis. Pertumbuhan musik e-zine sekali lagi harks kembali ke bangkitnya DIY 'budaya' di akhir 1970-an dan kenaikan diproduksi fanzines diri. Hari ini, meskipun, itu jauh lebih mudah untuk membuat sebuah zine online (tidak ada biaya penerbitan yang terlibat) dan untuk mendistribusikan itu (karena fakta dari meletakkannya di web berarti bahwa hal itu tidak perlu secara fisik didistribusikan). Ukuran potensi penonton juga lebih lebih tinggi dan, sementara itu tidak mudah untuk mendapatkan khalayak luas beberapa zine online, seperti Pitchfork dan Drowned di Sound, telah mendapatkan pembaca substansial. Keuntungan dari zine online adalah bahwa, selain untuk menulis tentang musik, audio dan audiovisual bahan juga dapat disertakan pada. Salah satu fitur yang paling populer untuk bertumbuh e-zine baru-baru ini telah dimasukkannya podcast oleh berbagai staf penulis. Akhirnya, harus disebutkan bahwa teknologi digital meningkatkan pentingnya dari video musik. Ini sisi visual musik telah pasti telah dari besar penting sebelumnya, khususnya dengan munculnya MTV pada 1980-an. Sekarang, bagaimanapun, dengan peningkatan saluran digital spesialis, bahkan ada saluran musik lebih. Musik video fitur sebagai atraksi dari berbagai situs web dan juga salah satu bentuk yang paling populer bahan untuk di-download di situs seperti YouTube dan Google Video (sifat pendek karya tersebut sangat cocok untuk menonton streaming materi online). Selain itu, mereka juga mulai membuktikan populer sebagai bahan yang dapat didownload dan ditonton pada perangkat portabel, seperti telepon selular atau portable media player (PMPs). Pentingnya dari video musik ditunjukkan oleh kenyataan bahwa, pada saat yang sama download menjadi diterima untuk peringkat grafik tanpa atas pelepasan fisik; video download juga dihitung terhadap single chart di Inggris (IFPI 2007). Dapat dikatakan, bahwa sebagai musik format adalah tersimpan pada bahan kurang menjadi dan semakin dilucuti dimensi visual (album meliputi, reproduksi lirik dan informasi lainnya), kerugian tersebut dikompensasi oleh musik meningkat koneksi ke format visual lainnya seperti musik dan video berbasis web data arus.

Kesimpulan

Sementara banyak tren diidentifikasi dengan teknologi digital dan musik dapat ditelusuri kembali dengan teknologi yang lebih tua, ada percepatan proses tertentu. Ini termasuk: recontextualization of-ada musik pra; meningkatnya 'visual' sifat music (Baik visualisasi musik dalam hal menampilkan gelombang atau pendampingan visual musik), dan blurrings lanjutan antara produksi dan konsumsi (Meskipun tentu tidak sejauh kategori seperti hancur). Satu khususnya aspek penting yang saya belum diam di atas secara rinci adalah proliferasi music dan implikasi dari ini.

Sejak munculnya teknologi rekaman, 'the' arsip rekaman musik memiliki terus tumbuh, meskipun hal ini dilakukan agar pada tingkat yang lebih besar dalam beberapa tahun terakhir lebih sebagai format murah menyebabkan arsip rilis lebih merata. Sejalan dengan perkembangan ini, akses tumbuh dan merekam teknologi produksi juga menyebabkan pertumbuhan musik kontemporer didistribusikan dalam beberapa bentuk. Akhirnya, karena file musik virtual mengambil kurang fisik ruang jauh dari format sebelumnya, lebih mudah bagi konsumen untuk mengumpulkan musik lebih dari sebelumnya, proses cepat-cepat oleh mereka yang telah mengambil keuntungan dari jumlah free 'musik' dapat diperoleh melalui Internet. Dalam hal ini kita hidup di era 'musik' kelimpahan, di mana kedua dan kontemporer rekaman sejarah semakin dapat diakses. Ini adalah salah satu factor yang sangat penting dalam memahami kenaikan rekreasi musik, jangan hanya karena menjadi lebih mudah untuk memanipulasi rekaman sebelumnya, tetapi juga karena ada begitu rekaman yang tersedia yang hampir menjadi wajib entah terlibat dengan seperti bahan. teknologi digital, oleh karena itu, telah menyebabkan diperbaharui budaya penilaian 'masa lalu', bukan hanya dalam arti ini, tetapi juga dalam hal-hal lainnya. Untuk menyimpulkan, ada dua cara penting di mana 'masa lalu' menjadi dinilai kembali sehubungan dengan sekarang, yang dipandang sebagai entah bagaimana kurang (tidak seperti dalam contoh di atas, di mana masa lalu hanyalah sesuatu yang harus rebus untuk bahan bakar masa kini dan mendatang).

Pertama, usia bisa menemukan banyak rekaman sehingga pernah sulit menemukan, serta informasi mengenai rekaman tersebut, telah membuat beberapa kritikus musik untuk mengutuk umur 'kelimpahan'. Meskipun banyak kritikus telah merangkul blogging dan kesempatan untuk mengekspresikan pendapat diedit secara online, ada perasaan umum bahwa ini kelimpahan mengarah ke penimbunan, nama-memeriksa, konsumen mentalitas yang menarik jauh dari musik itu sendiri yang. Dengan demikian, kritikus musik Simon Reynolds berpendapat: Web telah mematikan ide bawah tanah yang benar. Ini terlalu mudah untuk orang untuk menemukan sesuatu sekarang [...] Saya merasa bahwa ada lebih banyak skimming dan penimbunan, sebuah keharusan-obsesif untuk mendengar segala sesuatu dan menimbun sebagai musik sebanyak yang Anda bisa, tapi lebih sedikit sebenarnya obsesi dengan spesifik arty-fakta [sic]. (Reynolds 2007) Ini mungkin terjadi bahwa ketika ada begitu banyak untuk mendengarkan, maka orang mungkin tidak dapat membayar banyak perhatian catatan khusus seperti dulu. Hal ini mungkin, tetapi dugaan belaka. Hal ini tampaknya lebih kasus yang didirikan kritikus music usia tertentu yang bereaksi terhadap zaman kelimpahan, ruing kenyataan bahwa peran mereka sebagai kustodian budaya mungkin di bawah ancaman. Tertanam dalam sikap seperti itu adalah derajat nostalgia saat catatan dan informasi tentang mereka yang langka dan, karenanya, artefak mendapatkan dan pengetahuan yang terkait mensyaratkan lebih banyak investasi dan komitmen.

Kedua, beberapa orang menolak teknologi digital - baik sebagian atau seluruhnya - mendukung teknologi analog, apakah hal ini dalam produksi atau pemutaran musik. Dalam produksi, misalnya, beberapa musisi meratapi kurangnya 'kemanusiaan' dalam suara yang dibuat oleh synthesizer digital, maka kenaikan nilai analog snyths seperti Moogs. Konsumsi-bijaksana, ada orang-orang yang menyambut 'hangat' suara vinyl dan alam yang terkait fisik (mana karya seni lengan datang ke perusahaan sendiri), atau mereka yang menemukan kembali kebahagiaan kaset, khususnya dinilai sebagai sangat pribadi bentuk pembuatan kaset kompilasi individu (Paul 2003). Ada sejumlah alasan di balik gerakan tersebut. Mereka mungkin sinyal bentuk konsumen resistensi terhadap pergeseran format dan beban yang ini memerlukan - penolakan untuk mengadopsi untuk format terbaru seperti didikte oleh industri besar. Di sisi lain, mereka dapat bergerak elitis, menemukan nilai pada objek yang pernah, namun tidak lagi, massa konsumen item dan dengan demikian menggunakan mereka untuk berdiri keluar dari 'kerumunan'. Apapun motif di balik bergerak 'garis belakang' seperti itu, mereka pasti sorot bagaimana teknologi tua dan artefak budaya terus memainkan peran penting dalam era digital. teknologi digital telah banyak menggantikan teknologi analog dalam produksi sehari-hari dan konsumsi musik, namun teknologi ini lebih tua terus memainkan peran dalam sektor budaya niche. Naiknya digital tidak dieliminasi analog, melainkan telah bergeser cara-cara di mana beberapa budaya pelaku nilai dan menafsirkan peralatan analog karena mengambil posisi minoritas dalam audioscape kontemporer.

Studi Kasus: IPod

Jamie Sexton

iPod telah menjadi fenomenal sukses untuk Apple, memimpin lapangan konsumen dengan cepat mengambil dari DAPs (digital audio player). Kemudian ini dimasukkan ke dalam pertumbuhan PMPs (portable media player), yang mampu berfungsi multimedia lebih luas dan telah di pasarkan sejak tahun 2005 (ini termasuk jumlah model iPod, seperti iTouch), dan baru-baru ini muncul multimedia telepon selular, yang paling terkenal terkandung dalam's iPhone Apple (diluncurkan pada tahun 2007). Dalam 2006, iPod diperkirakan terhitung 76 persen DAP global dan penjualan PMP, dan pada bulan April 2007 diumumkan bahwa Apple telah menjual lebih dari 100 juta item, sehingga membuat penjualan tercepat dalam bisnis pemutar musik (Sherwin 2007: 30). Mengapa itu telah begitu sukses? Dalam studi kasus ini, saya mencoba menjelaskan beberapa alasan mengapa DAP, khususnya, telah terbukti sangat populer dan isu-isu yang penggunaannya telah dihasilkan. Saya juga melihat ke dalam mengapa iPod telah menaklukkan pasar DAP begitu berhasil, ke apabila iPod sendiri sekarang identik dengan DAP (dan PMP), meskipun hanya merek tertentu seperti pemain (mirip dengan bagaimana Walkman, yang sebuah merek stereo pribadi, umumnya datang untuk merujuk pada stereo pribadi pada umumnya). Keberhasilan iPod tercermin tidak hanya dalam namanya mengacu pada DAPs dan PMPs umum, tetapi juga melalui prevalensi podcasting 'istilah'. Podcasting adalah nama yang diberikan untuk semua jenis konten audio yang dapat didownload dari Internet secara manual atau, lebih sering, secara otomatis melalui aplikasi software seperti 'ipodder' mencerminkan nya. Nama bagaimana hal itu cocok untuk di-download ke perangkat audio mobile (itu sering dalam format MP3) meskipun hal ini tidak perlu dimainkan dengan cara ini. Menurut Richard Berry, istilah ini dapat ditelusuri kembali ke sebuah artikel oleh Ben Inggris wartawan Hammersley pada awal 2004 (Berry 2006: 143). Meningkatnya mobilitas populasi global adalah salah satu konteks utama di mana ke tempat munculnya media portabel mudah. Dengan pengembangan sistem kereta api di abad kesembilan belas, orang-orang mampu bergerak di medan lebih dengan, dan sejalan dengan , buku portabel muncul untuk membaca di perjalanan, sementara stand buku dan surat kabar menjadi fitur biasa di stasiun (Urry 2006: 363). Sepanjang abad kedua puluh, sebagai bentuk yang lebih transportasi telah muncul dan sebagai perjalanan telah meningkat, sehingga media bergerak teknologi baru telah terwujud, yang meliputi radio mobil, radio transistor, komputer portabel, mengadakan video game-tangan dan ponsel atau ponsel. Ini bentuk media mobile merupakan tradisi sejarah yang penting dalam menempatkan stereo pribadi, atau Walkman, yang merupakan ponsel preseden yang paling penting dari iPod.

Sony Walkman, pemutar kaset cukup kecil untuk membawa sekitar bergerak, dan terhubung dengan headphone, diperkenalkan pada tahun 1979 dan merupakan sukses yang tidak terduga.Pertumbuhan orang mengadopsi Walkman (atau merek yang berbeda stereo pribadi) begitu besar sehingga merupakan sebuah fenomena sosial dan menimbulkan pendapat kritis yang luas. Fakta bahwa orang sekarang bisa bergerak dan terus-menerus dihubungkan dengan musik yang mereka pilih dipandang sebagai signifikan. Sebelumnya, radio dan pemutar kaset portabel fungsi ini diaktifkan, tapi mereka secara sosial mengganggu sejauh mereka terganggu ruang publik melalui penegakan's suara satu pada orang lain. Personal stereo memungkinkan pendengar untuk tetap kepompong di dunia suara mereka sendiri. Hal ini menyebabkan kritikus meratapi cara di mana orang menjadi terputus dari lingkungan sosial mereka dan terkunci di swasta sendiri gelembung audio mereka (sebagaimana dicatat oleh Hosokawa 1984: 165). Ini cenderung mengabaikan fakta bahwa di era Victoria buku itu sendiri digunakan sebagai semacam perisai di kereta untuk 'mengatasi dengan kecepatan baru serta malu duduk di kompartemen tertutup dengan orang asing' (Urry 2006: 363) . cari kesalahan analis Kurang berfokus pada hubungan baru yang Walkman dibawa ke dalam bermain antara, misalnya, sektor swasta dan publik, atau cara-cara di mana pengguna Walkman menikmati rasa baru dari pemberdayaan dengan perjalanan aestheticizin melalui perkotaan (atau negara) lingkungan. dan publik demarkasi Swasta, sementara tidak pernah sepenuhnya stabil, yang tetap rumit lebih lanjut oleh pengguna Walkman mampu membawa dunia audio pribadi mereka ke ruang publik (Bull 2001: 188).

Rasa kendali atas kehidupan sehari-hari telah diungkapkan oleh para analis dan pengguna Walkman: pengguna, misalnya, sering menyatakan bagaimana Walkman membuka dunia fantasi di mana mereka kadang merasa seperti mereka adalah bagian dari pengalaman filmis (Bull 2006) . Hosokawa berpendapat bahwa Walkman menciptakan semacam 'rahasia teater', sebuah pribadi, ruang imajinatif bagi pengguna yang tetap memberi isyarat kepada orang lain yang tidak menyadari isinya (Hosokawa 1984: 177). Walkman juga terlihat penting untuk cara dengan yang mengambil musik dari sebelumnya umum pengaturan dan diciptakan kembali lingkungan atas mana hal menjadi nomadically tindih, sehingga mengubah 'koherensi diberikan dari teks-kota (Hosokawa 1984: 171). KESAWAN pengertian ini, ruang sosial anonim bisa terdengar bertuliskan arti pribadi dan intim diberikan (lihat Bab 7). Sejak munculnya Walkman, ada sejumlah variasi yang berbeda pada pemutar kaset mobile, termasuk Discman dan MD Walkman, meskipun ini tidak memiliki dampak Portable asli tape berbasis mekanisme DAPs pertama kali muncul di pasar pada tahun 1998, meskipun saat ini ruang penyimpanan musik waktu itu terbatas dan disimpan pada flash drive eksternal daripada hard drive internal. Sementara beberapa model awal yang cukup populer, DAPs kontroversial karena dipercaya (oleh industri rekaman) bahwa mereka mendorong orang-download ilegal. Pada akhir 1990-an, DAPs yang mampu menyimpan musik pada hard drive internal dan ini adalah awal dari kemampuan mereka untuk menyimpan sejumlah besar file musik (sekitar 5GB pada titik ini). Pada tahun 2001, Apple iPod diluncurkan, yang akhirnya menjadi dominator pasar, sebagai lawan mendirikan Sony lebih. Alasan untuk keberhasilan besar Apple di daerah ini sangat banyak, tetapi ada beberapa faktor yang menonjol: desain, kegunaan, iklan dan peluncuran, pada tahun 2003, dari toko iTunes Apple. Produksi teknis aktual pemain dirancang oleh perusahaan PortalPlayer, yang dipekerjakan untuk bekerja pada penciptaan iPod, dengan Apple memberikan kontribusi tuntutan tentang merasa, tampilan dan operabilitas perangkat. Apple telah membangun reputasi dalam desain dan kegunaan dengan komputer Macintosh nya (Kelly 2007: 195-6). Ketika iPod diluncurkan, itu penting untuk Desain yang ramping dan perusahaan pusat roda gulir (segera diganti dengan roda klik), yang membuatnya mudah bagi pengguna untuk mencari dan mengatur musik. Apple juga melakukan iklan berkelanjutan mendorong untuk mempromosikan produk, yang menjadi terutama ditandai sekitar tahun 2003.Menggunakan sederhana, namun mencolok, iklan - sering menampilkan menari siluet dengan latar belakang berwarna dengan iPod di tangan-televisi, majalah dan iklan billboard menjadi mana-mana. Apple terampil menargetkan penonton remaja inti melalui penggunaan musik yang menyertai televisionadvertisements: tiga iklan asli fitur hip-hop, garasi dan musik techno, masing-masing, yang tiga genre penjualan terbaik pada saat itu (Wheeler 2003). Its public relations (PR) divisi juga pergi ke overdrive, mengamankan sekitar 6.000 iPod dan cerita iTunes dalam publikasi utama di seluruh dunia pada akhir 2003 years. Perusahaan juga menjalin kemitraan yang menguntungkan dengan perusahaan lain seperti Volkswagen dan Pepsi (Cuneo 2003: S2). Apple mampu sesuai produk ke brand image umum, di mana pembelian produk Apple terlihat sebagai pilihan gaya hidup, hiburan terkait hipness ', dengan' dan keanggunan. Sebaliknya, Sony hanya benar-benar mulai membangun kampanye iklan yang berkelanjutan untuk DAPs pada tahun 2004, di mana titik itu umumnya dianggap terlambat (Anonim 2004: 14). Sementara itu, Apple telah menangkap sebagian dari pasar yang berkembang. Peluncuran toko iTunes adalah faktor lain dalam sukses besar Apple dengan iPod. Seperti yang disebutkan sebelumnya, industri rekaman itu menyatakan beberapa kekhawatiran tentang DAPs karena masalah pembajakan. Dengan toko iTunes, Apple menjalin hubungan dengan banyak perusahaan rekaman besar untuk menyediakan download, layanan hukum. Waktu peluncuran toko musik iTunes juga penting: ini dirilis di Amerika Serikat pada bulan April 2003 dan di Perancis, Jerman dan Inggris pada bulan Juni 2004 (dimana saat itu PC yang kompatibel), yang akan diikuti oleh perusahaan peluncuran di sejumlah negara lain. Era ini tidak hanya bertepatan dengan iklan iPod lazim, tetapi juga dengan rowth nyata dari hukum pasar musik online. Sementara banyak yang masih men-download file ilegal, yang lain ingin memasuki dunia musik virtual dalam cara yang kurang berisiko. Toko iTunes, seperti Kelly telah menunjukkan, menjamin kualitas standar teknis (yang men-download ilegal tidak bisa), adalah 'aman' digunakan dan juga dapat secara pasti ditransfer ke, dan dimainkan pada, sebuah iPod (Kelly 2007: 196). Koneksi terakhir ini konsisten penting karena tidak semua file musik bisa dimainkan pada semua DAPs. Dalam pengertian ini, toko iTunes mungkin telah membantu untuk menjual iPod dan sebaliknya, maka fakta bahwa toko telah mendominasi penjualan musik digital dalam cara yang mirip dengan pemain mendominasi Penjualan DAP. cahaya besar dalam peningkatan konsumsi iPod dan lainnya, DAPs analisis perubahan adalah musik cara yang berpengalaman lagi mewujudkan. Dalam perspektif Satu Dari, iPod tampaknya tidak menjadi radikal kemajuan terutama dari Walkman: mobilitas individu melalui ruang publik, yang tetap dapat tetap terhubung ke dunia audio swasta, tetap konstan. Namun, bahkan jika di mana-mana iPod bukan merupakan istirahat drastis dari negara-negara fenomenologis berhubungan dengan Walkman, ada perbedaan penting antara kedua perangkat.

Pertama, pertumbuhan hard drive besar untuk menyimpan musik pada telah menyebabkan peningkatan portabilitas musik. Dengan Walkman, yang memiliki perangkat portabel tetapi sering harus memilih jumlah yang sangat terbatas musik untuk membawa sekitar karena setiap 60-90 menit musik harus disimpan pada kaset tunggal. Ini kadang-kadang menyebabkan orang menghabiskan cukup sedikit waktu benar-benar merenungkan apa musik yang mereka harus mengambil dengan mereka pada setiap bertamasya ke luar tertentu (Bull 2001: 184). Sebaliknya, iPod memungkinkan orang untuk menyimpan sejumlah besar musik pada perangkat kecil tanpa bahan tambahan model. Hard drive Ukuran masing-masing berbeda menurut, tetapi perangkat yang paling memiliki ruang untuk menyimpan sejumlah besar musik. Banyak pengguna iPod antusias tentang cara yang mungkin untuk mengambil merekam seluruh koleksi mereka dengan mereka di mana saja (Bull 2005: 344). demikian untuk Artikel, pembatasan fisik menjadi semakin diatasi karena sifat virtual dari musik digital, dan ini memungkinkan tingkat yang lebih besar pilihan mobile. Ini, dalam arti tertentu, memberikan orang kontrol yang lebih besar dari suara pribadi mereka di ruang publik. Sebelumnya, pengguna Walkman telah berbicara tentang bagaimana mereka akan membuat kaset khusus untuk membawa mereka pada perjalanan untuk menciptakan mood 'a nomaden' (Bull 2001: 185). Namun, ini akan perlu direncanakan terlebih dahulu, jika pita yang dipilih (s) tidak, seperti yang diharapkan, sesuai mood, rasa 'kontrol' mungkin telah Hilang. Dengan iPod, jumlah besar musik di's pembuangan satu memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan mood dan musik spontan, sehingga untuk berbicara. Ini 'off-the-spontan' kualitas iPod hasilnya tidak hanya kapasitas penyimpanan, tetapi juga karena sifat digital affords perusahaan pengguna untuk program, mengacak dan melewatkan perjalanan. Dalam hal ini, perangkat seperti jukebox portabel. Orang bisa mendengarkan seluruh album bergerak, mereka dapat mendengarkan dirakit 'playlist' (serupa dengan rekaman kompilasi), atau mereka dapat membiarkan pilih pemain melacak secara acak. Fungsi terakhir telah memberikan kesenangan kepada beberapa pengguna, yang cenderung menikmati campuran kejutan (anda tidak tahu apa yang akan berikutnya) dan kontrol (ini akan melacak bahwa Anda telah menempatkan di sana dan jika Anda tidak ingin mendengarkan pada saat itu maka anda dapat melewati itu ). Acak fungsi juga dapat menimbulkan suasana yang tidak diantisipasi di pengguna. Laughey dan menggambarkan bagaimana seorang mahasiswa yang ia diwawancarai mengalami 'aneh' campuran perasaan saat ia mendengarkan satu set lagu secara acak dari koleksi, beberapa di antaranya berumur 10 tahun. Dia mengalami perasaan aneh kebahagiaan,, marah menyesal dan malu ketika ia ingat lagu yang melekat pada kenangan peristiwa tertentu dan episode dalam masa remaja '(Laughey 2007: 181). Dalam pengertian ini, iPod mengambil personalisasi dari Walkman ke wilayah baru. Pertama, dapat membantu penyesuaian musik agar sesuai dengan mood saat individu, yang dapat membolak-balik trek di akan dan 'cocok' musik ke suasana hati saat ini. Kedua, pengguna dapat memberikan sebuah derajat kontrol dan membiarkan fungsi acak menyuntikkan tingkat kejutan, yang dapat menghasilkan suasana hati tertentu yang dipicu oleh memori, sebagai urutan lagu terhubung dengan emosi yang terkubur di dalam individu.

Salah satu perbedaan penting akhir antara iPod dan Walkman adalah bahwa yang terakhir itu hampir seragam digunakan sebagai 'di-antara-perangkat', yaitu itu digunakan dalam perjalanan antara titik tujuan (Bull 2005: 345). iPod ini dapat digunakan sebagai perangkat mobile tetapi juga digunakan dalam beberapa pengaturan lain: di rumah, di mobil (ini dapat dipasang ke stereo mobil), dan di tempat kerja. Hal ini dapat dipasang ke komputer lain dengan mudah, sedangkan kapasitas, serta mengacak dan diprogram fungsinya, membuatnya ideal untuk bermain di mana saja. Di rumah, misalnya, ia menawarkan fleksibilitas lebih dari CD dalam hal ini seluruh koleksi satu pemrograman menjadi urutan yang koheren lagu yang satu di mood untuk. Dalam hal ini, statusnya sebagai semacam mobile jukebox pribadi cocok untuk mendengarkan disesuaikan dalam berbagai konteks. Jika Walkman adalah gadget yang kabur perpecahan antara swasta dan masyarakat, itu tetap hanya digunakan dalam pengaturan publik untuk membuat mereka lebih Pribadi. iPod, bagaimanapun, adalah alat yang dapat digunakan baik dalam pengaturan pribadi dan publik dalam rangka meningkatkan's audio pengalaman individu. Sementara Apple telah dipastikan dominan di DAP dan pasar PMP, itu tidak berarti menjamin bahwa ini akan selalu terjadi. Sony dan Kreatif, khususnya, berusaha untuk bersaing di pasar. Keberhasilan Apple Sementara itu, tidak selalu bertemu dengan kepuasan konsumen dan kesenjangan antara hype dan realitas telah menyebabkan banyak keluhan tentang iPod yang rusak. Eceran analis Olswang telah melaporkan bahwa 'pemilik iPod yang dua kali lebih mungkin harus meminta perbaikan pemain mereka, dari pemilik merek lain '(Inman 2006: 6). Namun demikian, keluhan tersebut belum Apple dominasi pasar yang penyok, kemungkinan Windows - Zune pemain yang diluncurkan di Amerika Serikat pada bulan November 2006 - melakukannya dalam waktu dekat sangat kecil. (Saat ini, produk belum akan dirilis di luar Amerika Serikat, yang pasti akan penyok peluang keberhasilannya.)

Zune memiliki layar yang relatif besar, yang membuatnya ideal untuk menonton gambar bergerak di mana saja. Memasuki pasar seperti PMP pada tahap akhir, Microsoft jelas berjudi terhadap pertumbuhan media player portabel. Suatu Saat, ada sepertinya tidak menjadi tuntutan yang sama untuk video bergerak karena ada juga musik, meskipun arah masa depan PMP bergerak menuju multi-fungsi (dan, karenanya, iPod sekarang banyak berisi video, serta fungsi audio ) ponsel. Mobile telah lama menawarkan multi-fungsi dan fakta bahwa banyak orang menggunakan perangkat tersebut untuk mendengarkan musik pada telah memaksa Apple untuk merespon. Sebagai jawaban, mereka telah meluncurkan 'iPhone', yang merupakan telepon, PMP, perangkat internet dan kamera, di antara hal-hal lain. IPhone, Apple gadget ramping khas, juga mencakup-of-the-art negara multi-touch sensing layar, yang anti gores dan disesuaikan untuk kemudahan penggunaan dengan's ujung jari satu. (Apple kemudian meluncurkan 'iPod touch', yang menambahkan layar sensitif sentuhan-multi dan wi-fi kemampuan jaringan untuk iPod.) Diluncurkan di Amerika Serikat pada bulan Juni 2007 dan di Inggris, Jerman dan Perancis pada bulan November 2007, saat ini, perangkat ini dalam tahap awal penetrasi pasar. Tak pelak, hype mendasari peluncuran begitu kuat bahwa kadang-kadang sulit untuk membedakan antara iklan dan pelaporan dalam kaitannya dengan produk. Namun demikian, laporan awal dan penjualan pada umumnya positif, jika tidak bulat begitu. Apakah iPhone menandai tahap dimana DAP dan PMP menjadi signifikan, namun berumur pendek fenomena media, atau apakah ia gagal menembus pasar dengan cara yang sama dengan musik-fokus nenek moyang nya, masih harus dilihat. Pada titik mana kabut hype saat ini menghalangi upaya untuk menilai produk rasional akan bergeser ke sejumlah lebih gadget gaya hidup modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar