Minggu, 28 November 2010

Kuningan ASRI

Kuningan adalah kota kelahiranku. Kuningan merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini terletak di bagian timur Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di utara, Kabupaten Ciamis di selatan, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, serta Kabupaten Majalengka di barat.

Bagian timur wilayah kabupaten Kuningan adalah dataran rendah, sedang di bagian barat berupa pegunungan dengan puncaknya Gunung Ciremai (3.076 m), gunung ini berada di perbatasan antara Kuningan dengan Kabupaten Majalengka. Gunung Ciremai juga merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Kuningan ASRI, yakni Kuningan yang Aman, Sehat, Rindang, dan Indah. Kota yang identik dengan lambang kuda ini adalah kota yang kaya akan keindahan alamnya. Beberapa tempat wisata alam yang ada di Kuningan diantaranya Waduk Darma, Linggarjati, Talagaremis, Sangkanhurip, Palutungan, Curug Cilengkrang, Air Terjun Sidomba, dan lain-lain. Selain itu, Kuningan juga memiliki kesenian dan kebudayaan sunda yang khas, seperti sintren, pesta dadung, wayang golek, kuda lumping, dan sebagainya. Untuk makanan khas Kuningan yang terkenal adalah tape ketan, keripik gadung, opak bakar, kicimpring, leupeut, koecang, hucap, emping, dan lain-lain.

(Waduk Darma)

Sebagai kabupaten, Kuningan dipimpin oleh seorang bupati. Sebelumnya bupati dipilih oleh DPRD. Tetapi untuk tahun 2008, pertama kalinya Kabupaten Kuningan mengadakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati secara langsung. Saat ini Kuningan dipimpin oleh H. Aang Hamid Suganda yang menjadi bupati sejak tahun 2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar