Kamis, 11 November 2010

Kebutuhan Internet

Internet adalah sebuah jaringan yang terhubung secara global yang bisa membantu kita untuk mencari informasi.

Dewasa ini internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. Dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Pentingnya kebutuhan internet sehingga setiap tahun jumlah pemakai internet di seluruh dunia selalu meningkat. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar.

Sekarang banyak sekali layanan-layanan akses internet yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya perusahaan ISP (Internet Service Provider) yang menyediakan layanan akses internet Dial-Up, yaitu dengan menghubungkan kabel telepon ke perangkat komputer kita sudah bisa mengakses Internet.

Ada lagi layanan internet yang menggunakan Wireless Lan yang merupakan akses internet tanpa kabel atau menggunakan gelombang elektromagnetik seperti akses GPRS menggunakan handphone, PDA, laptop, dll. Selain itu sinyal Hotspot yang sering disebarkan ditempat-tempat seperti Mall, Cafe, Kampus, atau berbagai tempat lainnya bisa digunakan untuk mengakses internet, kita hanya perlu membawa peralatan mobile kita ketempat tersebut. Agar bisa mengakses internet dengan menggunakan sinyal hotspot peralatan mobile kita harus didukung teknologi Wifi.

Untuk dapat mengakses internet baik dengan kabel atau tanpa kabel selain diperlukan seperangkat komputer atau laptop diperlukan juga sebuah alat yang disebut modem. Modem berfungsi sebagai protokol yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Untuk akses internet dengan Dial-up, kita bisa menghubungkan kabel telepon dengan modem yang terdapat pada perangkat komputer. Namun, sekarang sudah banyak modem eksternal yang bisa digunakan untuk akses internet dimana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar