Senin, 15 November 2010

Perkembangan Teknologi Informasi Lebih Cepat Dibandingkan Perkembangan Masyarakat

Berbagai perkembangan yang terjadi di bidang teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir, hendaknya tidak ditanggapi dengan sikap cemas. Perkembangan tersebut justru harus dilihat dari sisi positifnya sambil menyiasati berbagai kemungkinan untuk ikut memetik keuntungan dari perkembangan teknologi informasi tersebut. Perkembangan ini, bahkan melaju lebih cepat dibandingkan perkembangan masyarakat. Perkembangan ini pasti akan mengubah banyak hal dalam masyarakat, mulai dari gaya hidup, kecenderungan mental hingga pandangan hidup.

Oleh sebab itu, kita harus waspada terhadap berbagai pengaruh tersebut. Bukan tidak mungkin, kita terperangkap dalam perubahan-perubahan tersebut dan bahkan menjadi "budak" teknologi. Segala sesuatu dalam diperbudak oleh teknologi, bahkan interaksi dan sosialisasi manusia dengan individu-individu lain dapat terputus. Misalnya, teknologi internet dan radio digital telah melahirkan sebuah komunitas baru dunia virtual yang maya, namun nyata. Hal ini berdampak pada perubahan perilaku pada mereka yang menjadi pencandu internet. Mereka berkomunikasi di sebuah dunia lain, tanpa pernah mengenal atau bertatap langsung dengan rekannya di dunia tersebut.

Meskipun demikian, berbagai kenyataan tersebut hendaknya tidak dilihat dengan penuh kecemasan. Hal terpenting adalah menumbuhkan kesadaran mengenai fenomena ini untuk kemudian mencoba mengambil sejumlah peluang yang tersaji di hadapan mata. Misalnya, bagaimana memanfaatkan internet atau radio digital untuk mempromosikan dan memberikan informasi mengenai Indonesia. Dengan begitu, siapa tahu, kita dapat membalikkan arah imperialisme budaya yang dibawa oleh perkembangan di bidang teknologi informasi ini menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Kemajuan teknologi informasi yang antara lain melahirkan media baru, seperti televisi, radio, dan internet, dapat pula menjadi ancaman. Misalnya, ancaman serbuan yang dahsyat dari nilai-nilai budaya asing yang disebarluaskan melalui media-media tersebut. Namun, dengan kreativitas, ancaman ini justru dapat diubah menjadi peluang. Kita dapat memanfaatkan keglobalan media-media baru tersebut. Kita dapat menawarkan
nilainilai ke-Indonesiaan dalam percaturan informasi ini.

Dengan demikian, janganlah kita mencemaskan perkembangan teknologi informasi ini. Pandai-pandailah kita memanfaatkan media ini dan memilih yang bernilai positif. Ambillah hal yang perlu diambil dan jadikanlah hal yang bernilai negatif sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan. Bersikap positiflah dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi ini. Perkembangan ini akan memberi pengetahuan yang banyak dan berguna bagi orang-orang yang dapat memanfaatkannya secara positif. Jadi, perkembangan teknologi bukan sesuatu yang perlu dicemaskan, tetapi sesuatu yang harus digali manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar