Selasa, 06 November 2012

E-Science

Dalam bahasa Indonesia, science dikenal sebagai ilmu pengetahuan. Yang dimaksud ilmu pengetahuan disini sangatlah luas, mencakup semua apa yang ada di dunia ini.

E-Science merupakan gabungan dari berbagai ilmu pengetahuan yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai media penyebarannya. Jadi, e-science dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang disajikan secara digital pada perangkat elektronik.

Secara pengertian e-science hampir sama dengan e-Learning, yang membedakan adalah cara penyajiannya. Jika e-Learning menyajikan suatu pembelajaran secara menyeluruh melalui tutorial, sedangkan e-science lebih fokus memberikan pembelajaran terhadap pengetahuan secara umum. E-Science ditujukan untuk mempermudah para ilmuwan dalam melakukan penelitian agar data dapat dikelola lebih cepat dan lebih baik dengan cara yang berbeda.

Salah satu website yang berhubungan dengan e-science khususnya dalam bidang astronomi adalah http://www.astronomi.us/

Tampilan website astronomi.us

Pada halaman utama website astronomi.us terdapat berita-berita fenomena alam semesta dan perkembangan terbaru tentang astronomi. Selain itu, pada situs ini terdapat pula kamus astronomi, tanya jawab astronomi dan beberapa software yang dapat didownload untuk kebutuhan pembelajaran ilmu astronomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar