Kamis, 11 Oktober 2012

AR-Book Sistem Tata Surya

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, komputer sampai gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer saat ini dapat diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, Augmented Reality atau disebut juga realitas tertambah adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan obyek pada dunia maya ke dunia nyata secara real-time.
Sebagai contoh, pada penulisan ilmiah saya membuat AR-Book Sistem Tata Surya. AR-Book adalah media pembelajaran berupa buku berbasis Augmented dimana pada beberapa halaman buku terdapat marker yang dapat menampilkan model-model tiga dimensi melalui webcam saat aplikasi dijalankan. Aplikasi AR ini dibuat dengan menggunakan ARToolKit serta 3DS Max untuk membuat model tiga dimensinya. Outputnya adalah sebagai berikut:

Model Sistem Tata Surya

Model Matahari

Model Perbandingan Ukuran Planet

Model Planet Bumi

Model Satelit (Bulan)

Model Lapisan Bumi

AR-Book ini dibuat untuk mempermudah pemahaman akan sistem tata surya dan pengenalan beberapa planet, serta dapat mengatasi kurangnya alat peraga pada saat belajar. Dengan AR-Book yang dikembangkan oleh penulis ini, belajar pengenalan planet dan sistem tata surya akan menjadi lebih menarik, karena disajikan secara kreatif, unik, dan inovatif.
Penulis menyadari bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan ini masih memiliki banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan beberapa saran dari para pembaca agar aplikasi dan AR-Book ini lebih menarik dan interaktif.
Saran dari penulis untuk pengembangan selanjutnya agar materi lebih diperdalam lagi dengan menambahkan obyek lain yang ada dalam tata surya, seperti meteor, komet, asteroid, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk interaktifitas dapat ditambahkan penjelasan atau keterangan pada model tiga dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar